Sejarah Singkat
Oleh : Admin

STIxE Kartasura merupakan suatu perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Trianandra Kartasura. Yayasan Trianandra sendiri didirikan pada tahun 1997 dan telah disahkan dan didaftarkan di Pegadilan Negeri Sukoharjo oleh Notaris Seno Budi Santoso, SH. Dengan nomor 02/Tanggal 19 Mei 1997, adapun susunan pengurus Yayasan Pendidikan Trianandra :


Ketua : Herwinto Chandra Sutantyo, MA., MBA

Wakil Ketua : Caesar Chandra Trirasdityo, S.Sn

Sekretaris : Jeanea Chandra Devi, MBA

Bendahara : Hj. Sri Jati Marsono, MBA., B. Eng.


Ide tentang pendirian STIE Kartasura dilontarkan pertama kali oleh Prof. DR. H. Bambang Marsono, MA.,MSc.,MBA.,PhD Ditrektur Utama Oxford Course Indoensia yang sekalugus sebagai Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Trianandra, kemudian direalisasikan pada bulan Juni 1997.


STIE Kartasura diberikan akreditasi oleh KOPERTIS Wilayah VI Jawa Tengah dengan dikeluarkannya SK Mendikbud No. 65/D/0/1998, dan upacara penyerahan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 1998 di halaman kampus STIE Kartasura.


Pertama kali STIE Kartasura menerima mahasiswa baru pada tahun akademk 1998/199 hanya membuka 2 (dua) program studi (prog.di) Strata Satu (S-1) dengan jurusan yaitu : Manajemen dan Akuntansi. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus yang beralamat di Jl. Astana Wirogunan No. 01 Kranggan, Kartasura (Sekarang kampus ABA Prawira marta).


Pada tahun 1999/2000 Kampus STIE Kartasura berpindah tempat ke Jalan Ahmad yani No. 138 Gembongan, Kartasura (Sekarang dipakai Kampus AMIKOM).


Prof DR. H. Bambang Marsono, MA.,MSc.,MBA pada tahun April 2002 mengusulkan perubahan nama dari STIE Kartasura menjadi STIE Trianandra, segera kami mengirinkan surat ke Dirjen DIKTI maka dikeluarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No : 116/D/O/2002 Tanggal 13 Juni 2002 tentang Perubahan Nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kartasura di Kartasura menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Trianandra di Kartasura. Pada tahun ini pula STIE Trianandra melaksanakan wisuda pertama kali tanggal 9 Oktober 2002.


Pada tanggal 02 Nopember 2006 untuk pertama kalinya STIE Trianandra di Kartasura mendapat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional dengan Surat Keputusan Nomor 018/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2006 dan kemudian diperpanjang pada tanggal 27 Agustus 2010 dengan nomor Surat keputusan 016/BAN-PT/Ak-XIII/VIII/2010.


Setelah mengarungi waktu kurang lebih 20 tahun, STIE Trianandra telah melewati berbagai macam tantangan yang kesemuanya dapat diselesaikan dengan baik, dengan didukung oleh Yayasan yang kuat dan Manajemen yang handal dari STIE Trianandra.


STIE Trianandra selama kurun waktu tersebut telah dipimpin oleh 5 ketua, pertama kali saat pengajuan izin ketua adalah Drs. H. Soewadji dan kemudian karena peraturan harus dari jurusan ekonomi maka diganti oleh Ananta Heri Pramana, SE.,MM tahun 1999/2000, setelah itu posisi Ketua STIE Trianandra dilanjutkan oleh Drs. H. Muhammad Jalari, SE.,MM dari tahun 2000-2008, dua kali menjabat sebagai Ketua STIE Trianandra posisi Drs. H. Muhammad Jalari, SE.,MM digantikan oleh Ir. Kusna Djati Purnama, SE.,MM sampai pada tahun 2017. Dan sejak 2018 Ketua STIE Trianandra dijabat oleh Erwan Nurhidayat, S.Psi.,SE.,MM


Adapun jajaran pimpinan STIE Trianandra di Kartasura adalah sebagai berikut :


Ketua : Erwan Nurhidayat, S.Psi.,SE.,MM

Puket I : Titin Hargyatni, SE.,MM

Puket II : Karla Ratna Nurianingsih, SE

Kajur Manajemen : Heni Susilowati, SE.,MM

Kajur Akuntansi : Ratnaningirum, SE., Ak.,MSi

LPPM : Jaelani, SE.,MM

Dengan jajaran staf :


Biro Administrasi Akademik : Dangin Mustofa, SE

Biro Administrasi Umum : Tri Mardiyono

Kepala UPT Perpustakaan : Ir. Kusna Djati Purnomo, SE.,MM

Lembaga Penjaminan Mutu : M. Wasil, SE

Lab. Komputer : Sigid Kurniawan, SE


Pada tahun 2019 ini STIE Trianandra mencapai usia 20 tahun dan telah meluluskan sebanyak 658 Sarjana Ekonomi baik dari jurusan Manajemen dan jurusan Akuntansi, dari sekian banyak alumni STIE Trianandra 95% sudah bekerja baik di Pemerintahan, Birokrasi, Kepolisian, TNI, Swasta bahkan di Partai Politiik.


Keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari Badan Pelaksana Harian Yayasan Trianandra (Almarhum) Prof. DR. H. Bambang Marsono, MA.,MSc. ,MBA.,PhD yang berhasil memadukan kuliah dan bekerja sehingga para alumni STIE Trianandra tidak canggung lagi untuk bekerja.


Salah satu yang dilakukan oleh Prof. DR. H. Bambang Marsono, MA.,MSc.,MBA.,PhD adalah dalam perkuliahan ada beberapa mata kuliah yang menjadi unggulan di STIE Trianandra, disamping Bahasa Inggris sepanjang tahun, masih ditambah dengan penguasaan 4 bahasa pilihan yaitu : Jepang, perancis, Belanda dan Arab, tetapi masih ada satu mata kuliah lagi yang hanya ada di 2 Perguruan Tinggi di Indoensia yaitu STIE Trianandra Jakarta dan STIE Trianandra di Kartasura, yaitu mata kuliah Cross Culture Management, dimana dalam mata kuliah tersebut kita akan belajar tentang silang budaya artinya mempelajari beberapa budaya di dunia supaya lulusan STIE Trianandra apabila berinteraksi sudah mengerti budaya mereka.


STIE Trianandra di Kartasura dengan motto Berwawasan Internasional, Insya Allah dimasa yang akan datang akan lebih baik dan lebih maju, maka dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan kita bangun STIE Trianandra di Kartasura menjadi sebuah Perguruan Tinggi yang bermutu. Pada saat ini kegiatan mahasiswa di bawah BEM STIE Trianandra di Kartasura adalah pecinta alam dibawah UKM PALASTIET telah mendaki gunung di seluruh pulau jawa :Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, Sumbing, Semeru dll dan juga gunung Rinjani di lombok.


Ekspedisi ke Baduy Dalam juga telah dapat berhasil pada tahun 2012 ini, sedangkan kegiatan yang lain dibidang infokom ada Radio Komunitas Trianandra di 95.7 FM, Kegiatan Drawing Kids, Seminar Nasional, Seminar Regional, Pengajian Akbar, Donor Darah, Anjangsana Ke Panti Asuhan dan masih banyak lagi.